Tuesday, February 12, 2013

Rabu Abu

Masa Prapaskah mulai lebih awal tahun ini dengan Rabu Abu jatuh pada 13 Februari. Masa ini bukan sekadar masa kita berpantang (abstinence). Pertanyaan lebih penting untuk kita renungkan bersama di masa ini adalah Bagaimana kita bertobat dan berpulang pada Allah dengan segenap hati? Disiplin-disiplin apa yang dapat membantu kita selama hari-hari yang kita khususkan ini?

Mungkin baik kita bertanya pada diri sendiri:
o Bagaimana saya melakukan penyelidikan diri (self-examination) dan pengakuan dosa (confession) begitu rupa sehingga membawa kesadaran akan keadaan diri saya sebenarnya di hadapan Allah? (Mazmur 51:6)
o Bagaimana saya akan memberi? (Matius 6:2, 3)
o Bagaimana saya akan berdoa? (Matius 6:5-13)
o Siapa yang perlu saya maafkan dan dari siapa saya perlu memohon pengampunan? (Matius 6:14, 15)
o Bagaimana saya akan berpuasa? Apa yang perlu saya pantangi supaya membuka ruang lebih besar bagi Allah? (Matius 6:16-18)
o Apa harta duniawi yang amat lekat dengan saya dan bagaimana saya melepasnya demi berpartisipasi dalam pekerjaan Allah? (Matius 6:19-21)
o Bagaimana saya berdamai dengan Allah dan bagaimana saya terlibat dalam pelayanan pendamaian di masa Prapaskah? (2 Korintus 5)
o Bagaimana saya mempraktekkan “kerahasiaan” agar saya melaksanakan disiplin rohani ini secara lebih intensional? (Matius 6:1, 5, 16-17)

No comments:

Post a Comment