Tuesday, March 29, 2011

Pemimpin atau pengikut

Banyak orang kepingin menjadi pemimpin. Orang-orang yang hari ini berada di bawah kontrol atau kekuasaan orang lain, bukannya tidak berminat memimpin. Kalau ditawari, ya nggak nolak.

Mengapa kita kepingin menjadi pemimpin? Sederhana, karena kita pikir menjadi pemimpin itu penting. Jadi sebenarnya yang kita inginkan adalah menjadi orang penting. Dipandang, dihargai, dilihat sebagai orang penting. Itulah yang kita inginkan. Padahal jika kita cermati baik-baik, sebuah perubahan terjadi tidak tergantung dari sang pemimpin, melainkan dari sang pengikut. Mari kita saksikan dulu video klip ini.



Benar, kalau kamu mau menjadi pemimpin, kamu harus berani memulai. Harus rela kelihatan gila, stupid, udik, nonsense. Kalau kamu melulu jaim (jaga image), maaf, kamu nggak cocok jadi pemimpin. Sekarang perhatikan lagi video klip ini. Perubahan (movement) justru dibawa atau disebabkan oleh pengikut pertama. Khalayak ternyata memerlukan sebuah model, bukan hanya model seorang pemimpin, tapi lebih penting dari itu, model seorang pengikut. Mereka bertanya, bagaimana sih caranya mengikuti sang pemimpin? Tolong tunjukkan dulu pada kami!

Don't get me wrong. Saya tidak bilang untuk membawa sebuah perubahan atau memulai gerakan peran seorang pemimpin tidak ada. Yang saya hendak sampaikan adalah peran pengikut dalam meniupkan angin perubahan bukan hanya tidak kalah penting, tapi justru lebih penting dari pada pemimpin. Tentu saja tidak mungkin ada pengikut jika tidak ada pemimpin. Pemimpin punya peranan, betul, tapi bukan yang terpenting.

Yesus pernah berkata kepada murid-murid-Nya, "If anyone would come after me, he must deny himself and take up his cross and follow me." Tuh kan, follow Me. Follow Jesus. Dari dulu Yesus sudah bilang begitu. Ini pesan buat kita, pemimpin-pemimpin gereja: Inga, inga, kita tidak memimpin orang supaya mengikut kita, tetapi supaya mengikut Yesus. Kita tidak lain adalah pengikut-pengikut Yesus juga. Tugas utama kita adalah menjadi pengikut Yesus, menjadi model pengikut yang baik dan benar supaya orang-orang lain juga bisa menjadi pengikut Yesus.

No comments:

Post a Comment